Kenali Tanda & Gejala Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Kekerasan dan pelecehan di dalam rumah tangga dapat terjadi pada siapa saja, tidak memandang jenis kelamin, kekuatan fisik, maupun besar kecil ukuran tubuh.

Permasalahan yang terjadi, kasus KDRT seringkali tidak diperhatikan, selalu dimaafkan atau disangkal oleh sang korban. Terutama jika tidak terjadi kekerasan fisik, seringkali orang meremehkan pelecehan secara psikologis.  Padahal pelecehan dan penganiayaan secara mental meninggalkan luka dan sakit yang tidak kalah berat disbanding penganiayaan secara fisik.

Memperhatikan dan mempelajari tanda dan gejala kekerasan dan pelecehan di dalam rumah tangga adalah langkah pertama untuk mengakhiri kegilaan ini.  Tidak seorangpun layak hidup dengan diliputi rasa ketakutan akan seseorang yang mereka cintai.

Jika anda melihat dan menyadari bahwa diri anda sendiri, atau orang lain yang anda kenal, mengalami ciri-ciri penganiayaan berikut, jangan segan-segan untuk mencari bantuan.

Pemerintah Amerika menyediakan bantuan sepenuhnya untuk menolong anda, baik bantuan hukum, bantuan finansial, dan bantuan kesehatan fisik maupun mental.

The Universal Declaration of Human Rights, United Nations
December 10, 1948

Article 3.  Everyone has the right to life, liberty and security of person.
Article 4.  No one shall be held in slavery or servitude; slavery and the slave trade shall be prohibited in all their forms.
Article 5.  No one shall be subjected to torture or to cruel, inhuman or degrading treatment or punishment.

Terjemahan resmi
Pasal 3  Setiap orang berhak atas penghidupan, kebebasan dan keselamatan individu.
Pasal 4  Tidak seorang pun boleh diperbudak atau diperhambakan, perbudakan dan perdagangan budak dalam bentuk apapun mesti dilarang.
Pasal 5  Tidak seorang pun boleh disiksa atau diperlakukan secara kejam, memperoleh perlakuan atau dihukum secara tidak manusiawi atau direndahkan martabatnya.

Sumber : United Nations Human Rights

Klik di sini untuk mempelajari pengertian tentang apa dan bagaimana Pelecehan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

 

Sumber: HelpGuide.orgThe Universal Declaration of Human Right

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>